Saturday, October 13, 2012

Review: Oeroeg

OeroegOeroeg by Hella S. Haasse

My rating: 4 of 5 stars






Indira Ismail (Translator)
Paperback, 144 pages
Published October 2009 by PT Gramedia Pustaka Utama (first published 1948)
ISBN13
9789792249866
edition language: Indonesian
original title: Oeroeg
characters: Oeroeg, Aku
literary awards: Boekenweekgeschenk (1948)

Sinopsis Buku:


"...lebih tinggi atau lebih rendah karena warna kulit wajahmu atau karena siapa ayahmu---itu omong kosong. Oeroeg kawanmu, kan? Kalau memang ia kawanmu---bagaimana bisa ia lebih rendah dibanding kau atau yang lain?"

Tidak bisa kubayangkan seberapa sepi masa kanak-kanakku bila Oeroeg tak ada. Biarpun ayahku administrateur perkebunan dan Oeroeg hanya anak mandor, kami selalu bermain bersama.

Namun ketika kami beranjak besar, Oeroeg mulai menjaga jarak dariku, karena aku orang Eropa dan ia hanyalah inlander....




Review Buku:

Buku obralan 10rb di Gramed.

Tokoh aku dan Oeroeg berteman sejak kecil pada masa dimana Belanda masih berkuasa dan inlander seperti Oeroeg direndahkan. Tetapi perbedaan itu tidak berpengaruh bagi mereka.

Tokoh aku sangat menyayangi Oeroeg. Kemana- mana selalu degan Oeroeg. Bahkan menurut aku, Oeroeg sudah menjadi candu bagi tokoh aku.

Beranjak dewasa, mereke berdua semakin jauh, tak hanya disebabkan oleh sekolah mereka yang berbeda, tapi juga status dan jalan pikiran mereka berdua. Oeroeg yang semakin dewasa semakin tahu apa yang diinginkannya, melawan Belanda. Di satu sisi, tokoh aku tak menyadari akan hal ini dan tokoh aku masih terbuai dengan kenangan-kenangan mereka berdua.

Oeroeg, kisah panjang yang hanya diceritakan secara singkat.



View all my reviews

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...